PENGARUH PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KUALITAS DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA LP3I KAMPUS CIMONE KOTA TANGERANG
by RAHAYU TRI UTAMI, M.Si
Setiap
mahasiswa menghendaki kepuasan maksimal dari setiap layanan yang terdapat di lingkungan kampus. Tentunya dengan kepuasan maksimal yang didapat mahasiswa
akan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi yang bersangkutan. Begitu juga
dengan mahasiswa yang merupakan pelanggan dari Lembaga Pendidikan, Mahasiswa
akan merasa puas apabila harapan mereka dipenuhi dan senang apabila harapan
mereka dilebihi. Kepuasan mahasiswa tersebut akan tercermin dari loyalitasnya kepada
almamater dan tentunya akan menghasilkan output yang baik kepada almamaternya.
Setealah
diamati pelayanan pendidikan dan kualitas dosen diperoleh fenomena sebagai berikut, fakta membuktikan bahwa ada sebagian
mahasiswa yang belum mendapatkan kepuasan pelayanan. Kurangnya intensitas
bimbingan tugas akhir, dosen mengajar tidak sesuai jadwal, ruangan kuliah yang
sempit dan kurang penerangan, banyaknya mahasiswa dalam satu kelas, fasilitas
penunjang kegiatan belajar mengajar yang belum optimal, pelayanan ketatausahaan
yang terkadang tidak memuaskan, rendahnya jiwa sosial dan rasa solidaritas
antar warga kampus dan masalah lain sebagainya merupakan gambaran bentuk-bentuk
pelayanan yang kurang optimal sehingga mahasiswa tidak bisa mendapatkan
pelayanan tersebut.
Berbagai
macam alasanpun bermunculan seperti dosen sibuk dengan agendanya yang padat
merayap disetiap acara kampus maupun luar kampus, perasaan lelah dan jenuh,
kurang disiplinnya mahasiswa, skil/keahlian kurang, penyampaian materi kurang,
kepribadian dosen dan lain sebagainya. Mahasiswa
sebagai pelanggan Lembaga Pendidikan juga mengharap dapat menikmati fasilitas
kampus yang tersedia sehingga dapat menunjang peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sudah
seyogyanya setiap dosen ataupun karyawan mengetahui bahwa mahasiswa layak untuk
mendapatkan kesejahteraan. Disini, mahasiswa sebagai pelanggan Lembaga
Pendidikan sangat mengharap layananan kampus secara maksimal dan optimal
sehingga yang bersangkutan merasa puas dan terpenuhinya kebutuhan dalam lingkungan
kampus. Padatnya agenda yang dimiliki dosen tidak seharusnya mengesampingkan
tugas utamanya yaitu mengajar, karena tugas dan tanggungjawab utama dosen
kepada mahasiswa adalah memberikan pelajaran atau perkuliahan. Sudah barang tentu manajemen waktu yang baik
sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Begitu juga dengan karyawan
tata usaha dapat memberikan dan memperlihatkan sikap dan tindakan yang sopan
sehingga mahasiswa merasa nyaman dan dihargai. Untuk mewujudkan hal tersebut
diperlukan peningkatan kualitas layanan akademik dan administratif yang baik
serta kepemimpinan dosen yang baik pula.
Dosen sangat menentukan keberhasilan dalam mewujudkan visi dan misi lembaga
pendidikan yang telah dirumuskan. Hal ini merupakan suatu kenyataan karena
dosen merupakan pelaksana teknis operasional lembaga pendidikan tinggi yang
melaksanakan tugas mengajar mahasiswa, tentunya dibantu oleh tenaga administrasi
umum dan tenaga akademik. Peningkatan kualitas dosen dan kualitas layanan
administratif merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari, dalam
melayani masyarakat/pelanggannya baik pelanggan internal maupun pelanggan
eksternal. Berdasarkan hal tersebut
diatas dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa belum sesuai harapan selama ini.
Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mendownload di sini. Terima kasih