JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI






PENGARUH  PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KUALITAS DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA LP3I KAMPUS CIMONE KOTA TANGERANG

by RAHAYU TRI UTAMI, M.Si






Setiap mahasiswa menghendaki kepuasan maksimal dari setiap layanan yang terdapat di lingkungan kampus. Tentunya dengan kepuasan maksimal yang didapat mahasiswa akan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi yang bersangkutan. Begitu juga dengan mahasiswa yang merupakan pelanggan dari Lembaga Pendidikan, Mahasiswa akan merasa puas apabila harapan mereka dipenuhi dan senang apabila harapan mereka dilebihi. Kepuasan mahasiswa tersebut akan tercermin dari loyalitasnya kepada almamater dan tentunya akan menghasilkan output yang baik kepada almamaternya.
Setealah diamati pelayanan pendidikan dan kualitas dosen diperoleh fenomena sebagai berikut, fakta membuktikan bahwa ada sebagian mahasiswa yang belum mendapatkan kepuasan pelayanan. Kurangnya intensitas bimbingan tugas akhir, dosen mengajar tidak sesuai jadwal, ruangan kuliah yang sempit dan kurang penerangan, banyaknya mahasiswa dalam satu kelas, fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar yang belum optimal, pelayanan ketatausahaan yang terkadang tidak memuaskan, rendahnya jiwa sosial dan rasa solidaritas antar warga kampus dan masalah lain sebagainya merupakan gambaran bentuk-bentuk pelayanan yang kurang optimal sehingga mahasiswa tidak bisa mendapatkan pelayanan tersebut.
Berbagai macam alasanpun bermunculan seperti dosen sibuk dengan agendanya yang padat merayap disetiap acara kampus maupun luar kampus, perasaan lelah dan jenuh, kurang disiplinnya mahasiswa, skil/keahlian kurang, penyampaian materi kurang, kepribadian dosen dan lain sebagainya.  Mahasiswa sebagai pelanggan Lembaga Pendidikan juga mengharap dapat menikmati fasilitas kampus yang tersedia sehingga dapat menunjang peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sudah seyogyanya setiap dosen ataupun karyawan mengetahui bahwa mahasiswa layak untuk mendapatkan kesejahteraan. Disini, mahasiswa sebagai pelanggan Lembaga Pendidikan sangat mengharap layananan kampus secara maksimal dan optimal sehingga yang bersangkutan merasa puas dan terpenuhinya kebutuhan dalam lingkungan kampus. Padatnya agenda yang dimiliki dosen tidak seharusnya mengesampingkan tugas utamanya yaitu mengajar, karena tugas dan tanggungjawab utama dosen kepada mahasiswa adalah memberikan pelajaran atau perkuliahan.  Sudah barang tentu manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Begitu juga dengan karyawan tata usaha dapat memberikan dan memperlihatkan sikap dan tindakan yang sopan sehingga mahasiswa merasa nyaman dan dihargai. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan peningkatan kualitas layanan akademik dan administratif yang baik serta kepemimpinan dosen yang baik pula.  Dosen sangat menentukan keberhasilan dalam mewujudkan visi dan misi lembaga pendidikan yang telah dirumuskan. Hal ini merupakan suatu kenyataan karena dosen merupakan pelaksana teknis operasional lembaga pendidikan tinggi yang melaksanakan tugas mengajar mahasiswa, tentunya dibantu oleh tenaga administrasi umum dan tenaga akademik. Peningkatan kualitas dosen dan kualitas layanan administratif merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari, dalam melayani masyarakat/pelanggannya baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.  Berdasarkan hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa belum sesuai  harapan selama ini.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mendownload di sini. Terima kasih 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »