PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN



PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia ( KBBI ): kata karakter berarti sifat-sifat kejiwaan, ahlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain atau bermakna bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, personalia, sifat, tabiat, temperamen, watak.
Kepribadian seseorang ada dalam benak orang lain. Kepribadian kita lebih terletak pada apa yang kita tampilkan dan bukan bagaimana kita memandang diri kita sendiri dan sikap yang positif begitu kuatnya sehingga dapat memperkuat ciri-ciri kepribadian, sedangkan sikap negatif dapat meniadakan karakteristik-karateristik yang seyogyanya menarik. Itulah pentingnya peran sikap positif dalam kepribadian. Bagaimana kita tahu apa yang ada di benak orang lain mengenai kepribadian kita? Tentunya melalui komunikasi timbal balik antara satu orang dengan orang lain. Sekarang mari kita membahas lebih lanjut mengenai komunikasi dan pengungkapan diri (self declosure).  

Komunikasi adalah bentuk penyampaian dan penerimaan suatu pesan. Tidak dapat diingkari bahwa sesungguhnya sebagian besar aktifitas manusia sehari-hari melibatkan komunikasi. Tidaklah dapat dibayangkan bila masyarakat, betapapun kecilnya, dapat bertahan apalagi berkembang tanpa komunikasi. Komunikasi merupakan proses sosial yang fundamental dalam masyarakat. Melalui proses komunikasi ini pulalah proses personal berlanjut untuk saling berbagi rasa dan arti. Komunikasi memiliki 4 tipe :

  1. Komunikasi Intrapersonal. Komunikasi intrapersonal adalah tipe komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri, yaitu pada saat kita sedang memikirkan sesuatu. Misalnya pada waktu kita akan mengambil suatu keputusan. Contoh lain dari tipe komunikasi ini adalah saat semedi, sembahyang, dan saat melamun.
  2. Komunikasi Interpersonal. Komunikasi tipe ini terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, baik terjadi antara dua orang maupun dalam kelompok kecil.
  3. Komunikasi Environmental (Lingkungan). Komunikasi ini terjadi apabila kita melakukan pengamatan terhadap obyek-obyek yang ada disekeliling kita atau suara-suara yang ada atau bahkan aroma-aroma tertentu yang tersebar disekeliling kita.
  4. Komunikasi Publik (Khalayak). Merupakan komunikasi antara seseorang (pembicara) kepada sekelompok hadirin (khalayak) pada suatu waktu dan tempat. Komunikasi dengan publik ini, apabila dilakukan dengan menggunakan sarana (media) seperti surat kabar, radio, TV, ataupun majalah, maka akan disebut sebagai komunikasi massa.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mendownload dokumen yang ada dibawah ini.  Terima kasih.

Klik disini untuk mendownload file Pengembangan Kepribadian

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »