MANAJEMEN PEMASARAN


Manajemen Pemasaran


Pemasaran merupakan ujung tombak dari perusahaan maupun organisasi. Banyak ahli mencoba mendefinisikan atau menemukan teori mengenai pemasaran. Salah satunya ada Dr. Philip Kotler yang dikenal dengan teori pemasarannya. Philip Kotler ya siapa yang tidak mengenal nama itu dalam bidang ekonomi. Banyak karya yang sudah beliau tulis, berikut akan diuraikan rangkuman dari buku manajemen pemasaran dari Philip Kotler. Sebagai catatan rangkuman ini saya dapatkan dari browsing materi untuk menambah kepustakaan pribadi saya, apabila ada yang berkepentingan mohon cantumkan sumber pembuat aslinya. Hargai hasil karya orang lain adalah salah satu wujud tanggung jawab. semoga dapat membantu.

1.   dunia bisnis menghadapi tiga tantangan dan peluang utama: globalisasi, kemajuan teknologi, dan deregulasi.
2.   Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan mempromosikan, serta menyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan lain. Pemasaran ang efektif dapat dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa berbentuk entrepreneurial, terformulasi, atau intrepreneurial; dan pemasaran memasarkan banyak jenis entitas: barang, jasa, pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi, gagasan.
3.   Para pemasar merupakan orang-orang yang terampil dalam mengelola permintaan: Mereka berusaha untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. Untuk melakukan itu, mereka menghadapi sekelompok keputusan, mulai dari yang besar seperti ciri apa yang seharusnya dimiliki sebuah produk sampai ke hal yang kecil seperti warna kemasan, Mereka juga beroperasi dalam empat pasar yang berbeda: pelanggan, perusahaan, global, dan nirlaba.
4.   Bagi tiap-tiap pasar sasaran yang dipilih, perusahaan mengembangkan tawaran pasar yang diposisikan dalam pikiran pembeli sebagai memberikan beberapa manfaat tertentu. Para pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran: Produk atau tawaran akan berhasil jika memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli sasaran. Istilah pasar meliputi berbagai pengelompokkan pelanggan. Dewasa ini ada tempat pasar fisik dan ada ruang-pasar digital, serta ada pula pasar mega (megamarket).
5.   Pertukaran adalah mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak: Yang mencakup sekurang-kurangnya dua hal yang berharga, persyaratan yang disepakati satu kesepakatan, dan tempat kesepakatan. Dalam pengertian yang paling umum, pemasar harus berusaha keras mendapatkan tanggapan pihak lain yang berwujud perilaku: pembelian, pemberian suara, keanggotaan aktif keikutsertaan dalam aktivitas kepedulian.  
 


 Lebih jelasnya anda bisa klik disini untuk matakuliah manajemen pemasaran.
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »