Manajemen Pemasaran
Pemasaran merupakan ujung tombak dari perusahaan maupun
organisasi. Banyak ahli mencoba mendefinisikan atau menemukan teori mengenai
pemasaran. Salah satunya ada Dr. Philip Kotler yang dikenal dengan teori
pemasarannya. Philip Kotler ya siapa yang tidak mengenal nama itu dalam bidang
ekonomi. Banyak karya yang sudah beliau tulis, berikut akan diuraikan rangkuman
dari buku manajemen pemasaran dari Philip Kotler. Sebagai catatan rangkuman ini
saya dapatkan dari browsing materi untuk menambah kepustakaan pribadi saya,
apabila ada yang berkepentingan mohon cantumkan sumber pembuat aslinya. Hargai
hasil karya orang lain adalah salah satu wujud tanggung jawab. semoga dapat
membantu.
1.
dunia bisnis menghadapi tiga tantangan dan peluang
utama: globalisasi, kemajuan teknologi, dan deregulasi.
2.
Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan
mempromosikan, serta menyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan
lain. Pemasaran ang efektif dapat dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa
berbentuk entrepreneurial, terformulasi, atau intrepreneurial; dan pemasaran
memasarkan banyak jenis entitas: barang, jasa, pengalaman, acara khusus
(event), orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi, gagasan.
3.
Para pemasar merupakan orang-orang yang terampil
dalam mengelola permintaan: Mereka berusaha untuk mempengaruhi tingkat, waktu,
dan komposisi permintaan. Untuk melakukan itu, mereka menghadapi sekelompok
keputusan, mulai dari yang besar seperti ciri apa yang seharusnya dimiliki
sebuah produk sampai ke hal yang kecil seperti warna kemasan, Mereka juga
beroperasi dalam empat pasar yang berbeda: pelanggan, perusahaan, global, dan
nirlaba.
4.
Bagi tiap-tiap pasar sasaran yang dipilih,
perusahaan mengembangkan tawaran pasar yang diposisikan dalam pikiran pembeli
sebagai memberikan beberapa manfaat tertentu. Para pemasar harus memahami
kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran: Produk atau tawaran akan
berhasil jika memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli sasaran. Istilah
pasar meliputi berbagai pengelompokkan pelanggan. Dewasa ini ada tempat pasar
fisik dan ada ruang-pasar digital, serta ada pula pasar mega (megamarket).
5.
Pertukaran adalah mendapatkan produk yang
diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Transaksi
adalah perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak: Yang mencakup
sekurang-kurangnya dua hal yang berharga, persyaratan yang disepakati satu
kesepakatan, dan tempat kesepakatan. Dalam pengertian yang paling umum, pemasar
harus berusaha keras mendapatkan tanggapan pihak lain yang berwujud perilaku:
pembelian, pemberian suara, keanggotaan aktif keikutsertaan dalam aktivitas
kepedulian.
Lebih jelasnya anda bisa klik disini untuk matakuliah manajemen pemasaran.